Wisata di Surabaya

6 Tempat Wisata di Surabaya yang Populer

Apa yang dapat mengingatkan anda dengan Surabaya? Kota pahlawan, Bung Tomo, rujak cingur. emm … apa lagi, ya? Ketahuan, belum pernah berlibur ke Surabaya, kan? Tenang, anda jelajahi kota Surabaya sama-sama, yuk!

  1. Tugu Pahlawan

Monumen dengan elevasi 41,15 ini di bina untuk memperingati betapa beraninya arek-arek Surabaya di masa penjajah, mengerjakan perlawananuntuk tentara sekutu.

Monumen ini punya badan berupa tiang dengan 11 ruas dan 10 lengkungan. Banyaknya ruas dan lengkungan pada tiang bukan tanpa maksud, lho.

Jumlah lengkungan yang 10 buah dan ruas yang 11 buah memiliki makna tanggal 10 bulan 11 tahun 1945. Di mana terjadi peristiwa bersejarah di kota pahlawan ini. Di area Tugu Pahlawan juga ada museum 10 November.

Museum ini patut dikunjungi supaya kita tahu arti Tugu Pahlawan dan apa saja peristiwa sejarah yang terjadi di tanggal 10 November 1945 dahulu.

  1. Jembatan Merah

Menurut daftar situs taruhan bola online terbaik dan teraman sejak tahun 2008 merupakan saksi dari peperangan bersejarah yang terjadi di kota Surabaya pada tanggal 10 November ialah Jembatan Merah. Di sini Brigjen Mallaby tewas,saat terjadi peperangan Belanda dengan pejuang Indonesia. Tanggal 9 November 1945 panglima sekutu memberi peringatan agar pejuang Indonesiamenempatkan senjata.

Akan namun ultimatum tersebut ditampik mentah-mentah dan terjadilahpeperangan esok harinya. Antara pejuang Indonesia dan tentara sekutu (Inggris).

Wilayah sekeliling Jembatan Merah pada jaman dulu adalah sebuah area tempat bermukim dan perdagangan untuk orang Eropa (bagian barat),sedangkan timurnya dikuasai oleh hunian orang Cina, Melayu, dan Arab. Sekarang, area sekitar Jembatan Merah pulang menjadi pusat melakukan pembelian barang paling ramai di Surabaya.

  1. Patung Budha 4 Wajah
Wisata di Surabaya
Wisata di Surabaya

Patung ini ialah patung tertinggi di Indonesia dengan 4 pilar yang mengelilinginya. Yaitu pilar hijau dan emas. Patung budha 4 wajah punya 3 bagian.

Pertama ialah bagian stupa, kedua patung budha, ketiga singgasana budha. Patung budha beserta takhta memiliki elevasi masing-masing 9 meter.

Klaim sebagai patung tertinggi Indonesia telah disalin dalam Museum Rekor Indonesia. Patung yang ada di Surabaya itu mempunyai keserupa an dengan yang terdapat di Tiongkok, yang terdiri dari wajah perdamaian, wajah hubungan baik, wajah kesehatan, wajah tuah serta wajah perlindungan dari segala sesuatu yang jahat.

  1. House of Sampoerna

Bangunan bergaya lama yang dahulu adalah panti asuhan yang dikelola Belanda, tahun 1932 dibeli oleh Liem Seeng Tee, guna dijadikan pabrikcerutu sampoerna kesatu . Sampai sekarang pun dijadikan pabrik yangmenciptakan produk rokok.

Lokasinya di Surabaya lama dan adalah bangunan kolonial Belanda (sebelumnya adalah situs bersejarah yang dipertahankan kelestariannya). Bangunan ini diciptakan tahun 1962.

Disini pun terdapat sekian banyak macam peninggalan-peninggalan belanda sebagai museum penciptaan rokok pada jama penjajahan belanda.

  1. Masjid Agung Al-Akbar

Masjid megah yang menjadi ikon kota Surabaya ini adalah masjid sangat besar kedua sesudah Masjid Istiqlal yang terdapat di Jakarta.

Ketika anda memasuki area masjid akan terlihat ukiran serta kaligrafi arab yang indah. Begitu pula unsur interiornya, pun berhiaskan kaligrafi arab dan ukiran.

Masjid Agung Al-Akbar memiliki pintu utama yang berjumlah 45 buah. Dan tidak heran bilamana keindahannya dapat unik perhatian orang guna datang berkunjung.

  1. Monumen Kapal Selam

Tempat wisata unik di Surabaya yang sayang guna dilewatkan ialah sebuah monumen. Monumen ini paling bersejarah untuk kita, Bangsa Indonesia. Nama monumennya ialah Kapal Selam. Sebab pemberian nama monumen tersebut Kapal Selam yakni karena format asli monumen adalah sebuah kapal (KRI Pasopati 410).

Salah satu kapal kepunyaan TNI Angkatan Laut dari satuan kapal selam armada RI area timur. Jenis dari KRI Pasopati 410 ialah SS type Whisky Class yang diciptakan di negara Rusia, tepatnya di Vladi tahun 1952.

Mengapa kapal ini bersejarah? Pada jaman dahulu kapal ini aktifmendirikan kadaulatan negara Indonesia dan turut dalam operasi Trikora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *