Wisata di Bukittinggi

6 Destinasi Wisata di Bukittinggi Sumatera Barat

Bukittinggi adalah salah satu kota yang sangat ramai trafik wisatawansaat liburan ke Sumatera Barat. Hawa yang sejuk dengan berbagai macamtujuan wisata menarik, menciptakan kota ini menjadi kesayangan para pelancong. Berikut ialah daftar lokasi wisata yang dapat kamu kunjungisaat tengah berwisata ke Kota Bukittinggi.

1. Janjang Ampek Puluah

Dilansir situs situs taruhan bola terbaik dan teraman 2019 tempat wisata di Bukittinggi selanjutnya ialah Janjang Ampek Puluah. Janjang Ampek Puluah bila dalam bahasa Indonesia berarti tangga yang berjumah 40. Memang benar, tempat yang satu ini berupa tangga yang jumlahnya terdapat 40. Fungsinya ialah untuk menghubungkan antara pasar bawah serta pasar atas.

Tangga ini lumayan unik dan menjadi tidak sedikit perhatian sebagain orang. Tangga yang berjumlah 40 ini lumayan tinggi untuk menyaksikan ke kejauhan di dekat pasar bukittinggi, oleh karenanya tidak jarang kali pengunjung yang datang berfoto di tengah anak buah tangga.

2. Pasar Bukittinggi

Ini dapat dibilang adalah wisata melakukan pembelian barang yangterdapat di Bukittinggi. Lokasi tepatnya Pasar ini ialah di belakang Jam Gadang. Pasar Bukittinggi terbagi menjadi 3 unsur antara lain ialah pasar bawah, lereng, serta pasar atas. Masing-masing unsur mempunyai jenis benda yang dipasarkan berbeda-beda.

Untuk pasar bawah, kamu dapat jumpai tidak sedikit pedagang yang memasarkan beraneka macam sayur mayur beserta buah-buahan, tak ketinggalan bumbu jadi yang dapat digunakan untuk membuat pelbagai jenis masakan padang yang enak. Bergeser ke pasar lereng, kamu akan jumpaitidak sedikit penjaja kuliner atau oleh-oleh khas dari Sumatera Barat, diantaranya ialah dadiah, karakaliang, keripik balado, hingga dengan souvenir, semuanya tersedia.

Oh, ya, tempat ini dinamai pasar lereng sebab letaknya yang memang agak miring. Sementara guna pasar atas sendiri, kamu akan lihat ada tidak sedikit penjual ikan, pakaian, hingga sulaman khas Padang. Nah, bagikamu yang suka berwisata belanja, lokasi ini paling direkomendasikan. Jangan lupa, kalau melakukan pembelian barang di sini kamu harus memakai teknik tawar kamu supaya menemukan barang yang diharapkan dengan harga lebih murah.

3. Museum Bung Hatta

Wisata di Bukittinggi
Wisata di Bukittinggi

Museum yang satu ini cocok dengan namanya, pada jaman dahulu memang adalah lokasi tinggal atau lokasi tinggal Bung Hatta. Ketikamenginjak museum, bakal tampak tidak sedikit koleksi yang berupa benda-benda kepunyaan Bung Hatta. Diantaranya ialah jam antik, kursi, meja, lemari, buku, sepeda, hingga dengan lokasi tidur.

Jadwal buka museum Bung Hatta ialah setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 (Senin-Jumat) dan pukul 09.00-14.00 (Sabtu-Minggu). Diluar jadwal tersebut, masuk museum ini tidak akan menunaikan atau gratis. Bagi kamu yang masih penasaran dengan tempat wisata satu ini, silakan kunjungiketika liburan ke Bukittinggi.

4. Ngarai Sianok

Wisata di Bukittinggi
Wisata di Bukittinggi

Ngarai Sianok ialah sebuah lembah yang curam dan tempatnya ada di perbatasan Kota Bukittinggi. Jurangnya memiliki dalam 100 meter danmenghampar sepanjang 15 km dengan lebarnya yakni 200 meter. Bentuk lembahnya memanjang dan berkelok-kelok.

Ngarai Sianok ini menghampar dari unsur selatan Ngarai Koto Gadanghingga dengan Nagari Sianok Anam Suku dengan ujungnya di Kecamatan Palupuh. Ngarai Sianok ini memiliki panorama alam memikat dengan tidak sedikit pepohonan di dekatnya dan paling memanjakan mata.

Untuk dapat merasakan pemandangan alam nan memikat, silakan kunjungi Taman Panorama dengan tiket masuk dibanderol ekuivalen Rp 4.000,- guna satu orang. Cukup murah, kan?

5. Istana Bung Hatta

Tempat wisata di Bukittinggi yang lainnya ialah Isatana Bung Hatta. Istana Bung Hatta atau yang dikenal dengan Gedung Negara Tri Arga initempatnya tepat terdapat dekat taman Jam Gadang. Istana ini kini tidak boleh ditembus oleh orang-orang. Karena melulu dimanfaatkan sebagaitempat seminar, hingga dengan pertemuan tingkat nasional.

Pada zaman dulu, Istana Bung Hatta dimanfaatkan sebagai istana wakil presiden kesatu Indonesia yakni pada tahun 1946, selanjutnya pada tahun 1947 Istana Bung Hatta dipakai untuk Pusat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Nama gedung yang diganti jadi Istana Bung Hatta mempunyai maksud untuk memperingati jasa Bung Hatta sebagai proklamator Indonesia.

5. Lubang Jepang

Lubang Jepang atau gua jepang yang dapat disaksikan dari Taman Pesona juga, adalah sebuah bunker yang di bina pada ketika Jepang menjajah tahun 1942. Fungsinya ialah sebagai pertahanan. Cara pembangunan Lubang Jepang digarap dengan kerja paksa atau romusha. Pekerjanya berasal dariwilayah Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Jumlah anak tangganya lumayantidak sedikit dan tidak dianjurkan untuk menyuruh pengunjung lansiaguna memasukinya.

Lubang Jepang mempunyai sejumlah ruangan di dalamnya, antara lain ialah ruang penyergapan, penjara, ruang pengintaian, hingga dengan gudang senjata. Kini ada ekstra café dan ruangan guna mini theater. Terowongan ini mempunyai ujung atau tembusan ke sejumlah lokasi, maka perlumenyuruh pemandu yang telah paham dengan situasi obyek wisata yang satu ini supaya kamu tidak tersesat. Pemandu menuliskan bahwa Lubang Jepang mempunyai keterampilan dalam meredam suara dengan baik. Jadi bila ada yang menembakkan bedil di dalam Lubang Jepang, tak akan tersiar sampai keluar.

Harga tiket masuk Lubang Jepang ialah Rp 6.000,-. Apabila kamu menyewapembimbing wisata maka bakal dikenakan ekstra pembayaran sebesar Rp 20.000,-. Jika kamu mencari cinderamata khas dari sini, silakan bergeser ke Taman Panorama/Pesona yang memiliki sejumlah kios yang memasarkan cinderamata dengan harga terjangkau, kios rapi, dan penjualnya juga tidak memaksa untuk melakukan pembelian (memang terkadang di obyek wisata terdapat penjaja yang suka memaksa untuk melakukan pembelian dagangannya).

6. Danau Maninjau

Wisata di Bukittinggi
Wisata di Bukittinggi

Apabila kamu mencari wisata alam berupa telaga yang terdapat di kota ini, silakan kunjungi Danau Maninjau. Danau dengan keindahan alam memukau serta hawa yang segar. Danau ini tempatnya 36 km bilamana ditempuh dari Kota Bukittinggi.

Dan guna mencapainya anda harus melalui sebuah jalan dengan kelokan yang cukup tidak sedikit atau dikenal dengan nama kelok 44 (ampek puluh ampek), jadi mesti lebih hati-hati dalam mengendarai kendaraan sebab medan yang agak berbahaya. Perlu diketahui bahwa Danau Maninjau ialah danau yang sangat luas kedua setelah Singkarak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *