Wisata di Papua Barat

4 Tempat Wisata di Papua Barat yang Terkenal

Papua Barat

Sebagai propinsi yang terletak di sebelah barat pulau Papua, Papua Barat memiliki banyak tempat wisata alam dan kebiasaan yang menarik. Pantai, danau, pegunungan dan cagar alam ialah pemandangan yang dapat kita dapati di Papua Barat. Papua Barat pun tempat yang memiliki banyak pantai yang pun menjadi di antara dari pantai terindah di Indonesia, yang sayang bila tidak dikunjungi.

 

1. Manokwari

Di Manokwari, terdapat suatu tugu Jepang yang adalah peringatan mendaratnya tentara Jepang guna kesatu kalinya di Manokwari. Ada pun tradisi unik warga sekitar, yakni pemanggilan ikan dengan memakai peluit dari karang. Tradisi ini masih dilaksanakan di Pantai Bakaro yang terletak di pesisir unsur utara Manokwari.

Salah satu hidangan khas Manokwari dan pun Papua ialah papeda, atau sering pun disebut sebagai bubur sagu. Papeda yang tercipta dari tepung sagu seringkali disantap sebagai pengganti nasi dan disajikan dengan ikan dan kuah kuning yang diciptakan dengan tongkol dan bumbu tradisional.Bagi camilan, kita dapat mencoba sagu lempeng yang biasa disajikan sebagai rekan minum kopi dan teh.

Terdapat banyak wisata alam dan sekian banyak jenis wisata air yang dapat dilihat di sekitar wilayah Manokwari. Salah satunya ialah pegunungan Arfak yang adalah cagar alam dilindungi, tidak salah andai orang setempat hendak menjadikan lokasi ini sebagai di antara di dalam pemandangan terindah di dunia.

2. Pegunungan Arfak

Wisata di Papua Barat
Wisata di Papua Barat

Dilansir situs taruhan bola terbaik dan teraman 2019 Pegunungan Arfak merupakan titik tertinggi di Papua Barat, dengan tinggi menjangkau 2.940 meter di atas permukaan laut (dpl). Dari puncak pegunungan Arfak, saya dan anda bisa melihat pemandangan kota Manokwari, dan terkadang pada masa-masa musim dingin, puncak pegunungan dapat tertutup salju. Meskipun kitadapat ditemani oleh pembimbing atau guide, namun ada baiknya anda tidak melupakan pantangan ketika naik gunung.

Di pegunungan ini pun ada dua telaga kembar. Menurut kisah penduduk setempat, kedua telaga ini terbentuk dari cerita cinta dua orang, yang mengabadikan diri mereka menjadi dua danau. Di masing-masing telaga juga konon ada naga berjenis kelamin jantan dan betina. Oleh sebab itu, menurut kisah mengenai adanya dua ekor naga tersebut, warga setempat percaya kalau telaga kembar ini pun mempunyai jenis kelamin jantan dan betina. Penduduk setempat menamai telaga jantan dengan nama Anggi Ginji dan yang betina sebagai Anggi Gita

3. Cagar Alam Wondiwoy

Jika kita melulu ingin berjalan-jalan atau trekking dengan tenang sambilmerasakan pemandangan, tidak saja bersantai di pantai saja, maka lokasi ini jenis jenis lokasi berwisata kita. Cagar Alam Pegunungan Wondiwoy ini adalah tempat yang tepat guna kita yang menyukai pekerjaan berjalan-jalan di alam dan merasakan udara segar. Tidak terlampau jauh dari kota, terletak 5 kilometer dari kota Manokwari, cagar alam pegungungan Wondiwoy mempunyai 147 spesies tumbuhan dan fauna.

Dari cagar alam, anda juga dapat menikmati pemandangan teluk Cendrawasih dan Teluk Wandamen yang menakjubkan. Meskipun guna mencapainya termasuk sulit, yaitu sebab kita mesti menaiki pesawat terbang jenis Cessna guna smapai ke tengah cagar alam ini, namun pemandangan dan keberagamantumbuhan dan hewan yang ada di dalamnya seimbang dengan perjalanan yang anda tempuh.

4. Raja Ampat

Raja Ampat tadinya adalah satu kesatuan dengan kabupaten Sorong, hingga akhirnya menjadi kabupaten Raja Ampat pada tahun 2004. Kepulauan dengan pemandangan bawah air yang estetis ini telah dikenal banyak turis lokal maupun luar negeri, dan tergolong menjadi di antara situs warisan dunia dengan pemandangan terindah di dunia. Untuk menjangkau dan berjalan-jalan di dekat pulau ini, kita dapat menaiki kapal atau menginap di di antara resort di kepulauan Raja Ampat. Tempat yangspektakuler indahnya ini tentunya paling populer menjadi lokasi wisata yang sesuai untuk anak muda dan pun pasangan yang sedang hendak mencarilokasi wisata guna bulan madu.

Meskipun banyak penyelam yang menjadikan pulau ini tujuan pilihansebab memiliki banyak jenis terumbu karang dan fauna laut, tetapi banyak juga yang dapat dilihat di Raja Ampat di samping keindahan bawah lautnya. Salah satunya ialah pantai berpasir putih, gugusan pulau-pulau karst, dan pun flora hewan endemik laksana cendrawasih dan anggrek.

Salah satu yang unik dari pulau Raja Ampat ialah peninggalan prasejarahnya. Terletak di area gugusan Misool, ada cap-cap tangan pada dinding batu karang. Cap-cap tangan yang dipercayai berusia 50.000 tahun ini berada paling dekat dengan permukaan laut dan tidak sedang di dalam gua. Di samping itu, terdapat pun bekas peninggalan pesawat udara yang karam peninggalan Perang Dunia II di pulau Wai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *